Skip to main content

Transportasi Mahasiswa di Sendai

Hai, sahabat-sahabat sebangsa dan setanah air. Kali ini saya akan memaparkan tentang transportasi mahasiswa di kota Sendai. Mungkin anda akan bertanya-tanya terkait transportasi apa yang akan anda gunakan jika kuliah atau berkunjung ke kota sendai? atau Anda sedang mencari tahu tentang transportasi yang umum digunakan mahasiswa di Sendai ? Karena mungkin anda adalah orang yang akan berkunjung ke sendai, atau study excange ke sendai atau beruntungnya lagi kalau anda mau datang kuliah. hayooo...yang mana ? hahahah....Juskid cess. Tapi ngomomg-ngomong kalau benar ini pertanyaan anda, maka kali ini penulis akan mencoba menguraikan jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut. So....baca terus tulisan ini, dan jangan berhenti sebelum anda menyelesaikan bacaan anda, Yup...ayo kita mulai..!

Ada beberapa alat transportasi yang umumnya digunakan oleh mahasiswa indonesia di Kota Sendai diantaranya adalah:

1. Sepeda
Kendaraan ini, merupakan salah satu transportasi masal yang banyak digandrungi oleh para mahasiswa. Bersepeda di Jepang pada umumnya merupakan kendaraan yang memasyarakat, dalam artian hampir seemua masyarakat jepang juga menggunakan sepeda. Bagi mahasiswa pilihan dengan berkendara dengan sepeda menjadi prioritas utama. Karena selain ekonomis, juga menjaga kesehatan. 
Apartemen atau tempat "kos" mahasiswa yang tidak terlalu jauh dengan kampus, menjadikan mahasiwa lebih memilih sepeda. Selain itu, dengan menggunakan sepeda, minimal mengurangi tenag yang dibutuhkan menuju kampus dibanding kalau kita berjalan kaki. Namun tak jarang mahasiswa juga sering berjalan kaki. Budaya jalan kaki dan bersepeda untuk bepergian sangat lumrah di Jepang. Karena itu, kalau anda iseng-iseng melihat tempat parkiran kendaraan mahasiswa di kampus. Anda akan menemukan, kendaraan sepeda yang lebih dominan dibanding kendaraan lainnya. karena hampir 90 persen mahasiswa menggunakan sepeda ke kampus. 
Kondisi Parkiran Kendaraan Mahasiswa di Jepang.
Sepeda merupakan transportasi yang murah meriah. Harga sepeda juga tergantung mereka dan kondisinya. Sepeda di jepang ada yang baru juga ada yang merupakan hasil "recycle", atau sepeda bekas yang diperbaiki dan dicat kembali sehingga kelihatan seperti baru. harga sepda recycle biasanya 1/2 dari harga sepeda barunya. harga sepeda recycle biasanya 6.000-an JPY Sedangkan harga sepeda baru tergantung mereknya. Harga sepeda ditentukan oleh kebaruannya, bentuknya, dan penambahan teknologi didalamnya. Sepeda charger tentu lebih mahal dibanding sepeda biasa. karena itu, jika anda menginginkan sepeda sebagai transportasi, maka anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kondisi keuangan anda.

2. Sepeda Motor
Selain sepeda, penggunaan sepeda motor ke kampus juga tidak dilarang. Ada beberapa mahasiswa asing yang juga menggunakan motor untuk bepergian. Namun karena harga motor yang tentu relatif lebih mahal, ditambah lagi dengan pengurusan kepemilikan SIM yang sangat rumit, maka penggunaan kendaraan bermotor tidak banyak digandrungi oleh kalangan mahasiswa internasional atau para pendatang di kota Sendai. Namun jika anda menginginkan kendaraan anda adalah sepeda motor, tentu sangat bisa, karena tidak ada larangan bagi mahasiswa atau siapa saja untuk menggunakan kendaraan sepeda motor. Karena itu, anda juga bisa memilih jenis motor apa saja, tergantung kondisi keuangan anda. Tapi hal yang perlu anda ingat juga adalah, setelah anda lulus, motor yang anda beli, tidak bisa dibawa ke indonesia. karena itu, anda harus membuangnya. Dan membuang sampah besar seperti sepeda motor di jepang tentu bayarannya juga sangat mahal. 

3. Bus
Ada dua jenis bus yang digunakan oleh mahasiwa di kota sendai untuk bepergian. Pertama, adalah bus kampus. Bus kampus merupakan transportasi yang disediakan untuk para mahasiswa bepergian dari apartemen kampus menuju kampus atau dari kampus 1 ke kampus 2 dan 3. Bus kampus ini gratis atau tidak dipungut biaya. Hanya saja anda perlu kedisiplinan, karena bus yang satu ini memiliki rentan waktu yang lama antara bis yang satu dengan yang lainnya.

Selain bus kampus yang gratis, ada juga bus kota sebagai transportasi umum. Halte bus umum banyak di jumpai di sekeliling kota atau asrama. Sehingga anda tidak akan terlalu jauh berjalan mencari perhentian bus untuk bepergian.Namun perlu diingat bahwa bus ini tidak gratis. Jarak kedatangan antara bus yang satu dngan yang lain relatif singkat biasanya per 15 menit bus yang satu sudah datang lagi. Adapun Jadwal kedatangan bus terletak di papan pengumuman pada tiang halte. 

Popular posts from this blog

Tempat Mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani di Kota Makassar

Makassar (14/01/2019)—Ada banyak tempat mengurus surat keterangan sehat Jasmani di Kota Makassar. Namun, pada hari ini, saya memilih untuk mengurusnya di BBLK, Dinas Kesehatan Kota Makassar. Photo credit: La Nane (dokumentasi pribadi) Saya memilih di sini, karena pelayanannya cukup baik dan super cepat.  Itu pengalaman saya, kemarin saat mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba untuk kelengkapan berkas CPNS. Photo credit: La Nane (dokumentasi pribadi) Baca Juga: Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Makassar. Saking cepatnya, untuk pengurusan surat keterangan sehat jasmani, hanya memakan waktu 10 menit saja. Tanpa perlu antri yang cukup lama seperti di Rumah Sakit Umum yang super antri panjang. Selain itu, pegawainya cukup cekatan dan ramah-ramah. Dari bagian depan, saat saya pertama datang. Saya ditanya sama pegawai bagian depan "Mau urus apa Mas?" "Oh, Urus Surat Keterangan Sehat Jasmani Pak" Jawabku. Petugas bagian depan lang

Cara Menggunakan ATM 77 Bank di Jepang

Penulis menyadari bahwa anda merupakan pengguna ATM pemula di Jepang, sehingga anda mencari informasi mengenai penggunaan ATM ini. Sebelum saya menjelaskan cara penggunaan ATM Bank 77, saya ingin mengatakan terimakasih, karena saya bisa membantu anda dalam menjelaskan cara menggunakan ATM. “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang memberi manfaat kepada sesamanya.”     – HR. Thabrani Sobat sekalian, perlu anda ketahui bahwa semua ATM Bank 77 yang ada di Jepang menggunakan bahasa Jepang alias “Nihonggo”. Karena itu sebelum anda mencoba menggunakan ATM yang anda miliki tersebut, Anda perlu menghafal huruf kanji di bawah ini. お預け入れ   :  Deposit (Memasukkan Uang) お引き出し   :  Withdrawal (Penarikan Uang) お振込み :  Transfer ke Rekening Lain お振り替え :  Transfer ke rekening lain milik sendiri (jika punya 2 rekening) 通長記入 :  Pencatatan di Buku Rekening (Mencetak Buku Rekening) 残高照会 :  Sisa uang (Mengecek Saldo) Semua tombol-tombol di atas

Cara Mengaktifkan LINE Pay di Jepang

LINE Pay adalah uang elektronik dari LINE chatting khusus untuk kamu yang tinggal di Jepang saja. Kegunaan LINE Pay hampir mirip dengan kartu kredit, karena bisa digunakan untuk berbelanja di Family Mart, LAWSON, 7Eleven, SEIYU dan semua toko yang menerima pembayaran elektronik dengan logo JCB. Bedanya kartu kredit dengan LINE Pay; kalau kartu kredit tagihan pembelian akan tertarik melalui akun rekening bank pemilik, sementara LINE Pay akan langsung mengurangi isi saldo. Jadi pastikan saldo LINE pay cukup sebelum membeli sesuatu. Lalu bagaimana cara mengaktifkan LINE Pay. 1. Masuk ke aplikasi LINE Chatting 2. Tekan ..... Lalu masuk/tekan menu LINE Pay  3. Jika anda sudah memiliki akun LINE pay,  Maka akan muncul sisa saldo uang elektronik anda. Namun  jika anda belum memiliki akun LINE pay, anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Caranya tekan add Money, lalu pilih LAWSON Deposit 4. Setelah anda masuk ke LAWSON deposit, Klik link "Apply for a LINE deposit". S