Skip to main content

Mengejar Mimpi, Dan Mengubah Takdir Hingga Ke Negeri Sakura.

Mengejar, tidak sama halnya dengan berlari. Mengejar berarti “ada” yang di kejar. Ada sesuatu yang membuat kita ingin berkejar-kejaran. Sejatinya, untuk mendapati apa yang dikejar maka pengejar harus lebih kuat spiritnya, kuat fisiknya, tabah hatinya, dan sabar mendapati apa yang dikejar. Kalau kita sebagai pengejar mudah putus asa lalu berhenti, maka mimpi yang terus berlari akan semakin jauh meninggalkan kita. Tapi jika anda terus bersabar berlari, mengejar mimpi anda, konsisten dalam segala ujian, dimana terkadang jalan yang anda lalui penuh duri, yakinlah dimana ada waktunya Allah SWT akan menguatkan anda, dan mimpi yang berlari akan ditundukkan oleh-Nya untuk anda. Karena anda berhak mendapatkannya. Apalah lagi, anda sudah jauh berlari meninggalkan orang-orang yang punya keinginan yang sama. Itulah saat dimana anda telah memaksimalkan segala kemampuan, dan melewati ujian-ujian-Nya dengan cara anda sendiri. Dan dikala itu, andalah sendiri yang akan merasakan manisnya, dan melupakan pahitnya penderitaan perjalanan yang anda lalui selama berkejar kejaran.

Sepintas bahasa filosofis tersebut diatas, juga telah menggambarkan pengalaman hidup saya. Terlahir di negeri yang sangat terpencil, membuat saya harus memacu semangat saya, mengasah pedang saya, melawan kondisi, yang tidak berpihak pada takdir yang saya terima.

Saya juga terlahir dari sepasang orang tua yang tidak bisa membaca. Dan Itu adalah takdir saya. Status tersebut tidak bisa saya rubah hingga saat ini. Namun jika saya bisa membaca, menulis dan sekolah tinggi itu adalah pilihan hidup saya.


Tahun 1997 merupakan awal saya mengenyam pendidikan di sekolah dasar, SD Negeri Inpres 1 Nggele, Maluku Utara. Usia saya kala itu sekitar 6 tahun lebih. Lebihnya, saya kurang tahu. Karena saya lahir tanpa tanggal lahir. Kalau toh ada tanggal lahir saya di ijazah saat ini, maka itu hanyalah formalitas. Manalah mungkin orang tua saya mampu menuliskan tanggal lahir saya, sedang mereka tidak bisa menulis dan membaca.

Lalau siapa yang mengajari saya membaca ?

Semua orang-orang disekitar saya adalah guru saya, saya cukup membawa pensil dan buku ketempat saya bersamain. Semasa kecil saya suka bermain angka dan huruf. Bermain tebak-tebakan namanya. Ini huruf apa..ini angka apa, dll. Bagi saya mainan motor-motor remot, pesawat ulang aling yang canggih pada zaman saya merupakan mainan yang sudah membosankan. Pasalnya sejak kecil, sebagai anak bungsu dan satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga saya, sudah dimanjakan dengan mainan-mainan seperti itu.

Sehingga bermain angka dan huruf, beremain wayang adalah maianan masa SD yang selalu teringat dimemori saya hingga saat ini. Bagi saya semua tempat adalah tempat belajar. Sementara jika malam tiba, saya disuruh oleh ibu saya untuk menyempatkan bermain ke rumah ibu guru saya untuk belajar. Disanalah saya juga banyak belajar menulis dan membaca. Dan mendapatkan buku-buku bacaan. Sejak kecil kegemaran saya membaca sudah terasah dengan baik, saya juga senang mengumpulkan buku-buku. Adapun buku yang gemar saya baca adalah buku-buku Sejarah dan bahasa Indonesia. 

“Membaca merupakan kunci segala ilmu pengetahuan, Dengan modal membaca, sgalalanya mudah kita pahami”

Dengan modal membaca, saya bisa belajar menyerap intisari dari bacaan, sehingga dengan mudah saya menerima segala informasi pengetahuan yang dating dari bacaan saya. Saya membaca, lalu sering menceritakan apa yang saya baca. Sejarah perlawanan gowa, sejarah PKI, merupakan bacaan yang sudah saya baca sejak SD. Dan tersimpan di dalam kepala.

Modal membaca, dan belajar yang giat mengantarkan saya menjadi pelajar yang berprestasi. Saya selalu memilih untuk mejadi pemenang diurutan no 1. Karena angka 1 itu adalah pilihan, maka setiap pilihan ada konsekuensinya. Tentu untuk mendapatkan angka 1 di buku rapor, konsekuensinya adalah harus belajar lebih giat, melampaui teman-teman lainnya. Alhamdulillah setiap mimpi saya selalu dikabulkan oleh-Nya melalui usaha dan kerja keras saya. Tuhan bersama orang-orang yang sabar dalam usahanya. Dan setiap usaha pasti punya hasil. Jika hasilnya adalah hanya sekadar kegagalan, maka itu adalah "pengalaman belajar" yang bagi saya sangat setuju jika dikatakan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, dan jika hasilnya adalah sukses maka itulah yang dicari.

Usaha demi usaha terus berjalan seperti air yang mengalir begitu saja, ada banyak kebiasaan yang dahulu sangat berat saya lakukan, namum karena saya paksa, lama-lama menjadi biasa hingga akhirnya menjadi kebiasaan. Mengatur waktu untuk belajar, dengan kjonsisten merupakan pekerjaan yang amat berat- namun jika kita konsisten menjalankannya Insya allah, selalu ada jalannya.

Alhamdulillah, berkat usaha dan doa-doa orang tua yang diijabah oleh-Nya, sekarang ini, saya sedang belajar dinegeri yang pendidikannya jauh lebih baik dari ngeri tempat saya belajar sebelumnya. Semoga sekelumit cerita saya, menginspirasi kalian semua.

“Kalau orang tua saya tidak bisa membaca dan menulis itu adalah takdir saya. Namun jika saya mati dalam keadaan mampu membaca dan menulis, maka itu adalah pilihan hidup saya”. 

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani di Kota Makassar

Makassar (14/01/2019)—Ada banyak tempat mengurus surat keterangan sehat Jasmani di Kota Makassar. Namun, pada hari ini, saya memilih untuk mengurusnya di BBLK, Dinas Kesehatan Kota Makassar. Photo credit: La Nane (dokumentasi pribadi) Saya memilih di sini, karena pelayanannya cukup baik dan super cepat.  Itu pengalaman saya, kemarin saat mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba untuk kelengkapan berkas CPNS. Photo credit: La Nane (dokumentasi pribadi) Baca Juga: Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Makassar. Saking cepatnya, untuk pengurusan surat keterangan sehat jasmani, hanya memakan waktu 10 menit saja. Tanpa perlu antri yang cukup lama seperti di Rumah Sakit Umum yang super antri panjang. Selain itu, pegawainya cukup cekatan dan ramah-ramah. Dari bagian depan, saat saya pertama datang. Saya ditanya sama pegawai bagian depan "Mau urus apa Mas?" "Oh, Urus Surat Keterangan Sehat Jasmani Pak" Jawabku. Petugas bagian depan lang

Cara Menggunakan ATM 77 Bank di Jepang

Penulis menyadari bahwa anda merupakan pengguna ATM pemula di Jepang, sehingga anda mencari informasi mengenai penggunaan ATM ini. Sebelum saya menjelaskan cara penggunaan ATM Bank 77, saya ingin mengatakan terimakasih, karena saya bisa membantu anda dalam menjelaskan cara menggunakan ATM. “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang memberi manfaat kepada sesamanya.”     – HR. Thabrani Sobat sekalian, perlu anda ketahui bahwa semua ATM Bank 77 yang ada di Jepang menggunakan bahasa Jepang alias “Nihonggo”. Karena itu sebelum anda mencoba menggunakan ATM yang anda miliki tersebut, Anda perlu menghafal huruf kanji di bawah ini. お預け入れ   :  Deposit (Memasukkan Uang) お引き出し   :  Withdrawal (Penarikan Uang) お振込み :  Transfer ke Rekening Lain お振り替え :  Transfer ke rekening lain milik sendiri (jika punya 2 rekening) 通長記入 :  Pencatatan di Buku Rekening (Mencetak Buku Rekening) 残高照会 :  Sisa uang (Mengecek Saldo) Semua tombol-tombol di atas

Cara Mengaktifkan LINE Pay di Jepang

LINE Pay adalah uang elektronik dari LINE chatting khusus untuk kamu yang tinggal di Jepang saja. Kegunaan LINE Pay hampir mirip dengan kartu kredit, karena bisa digunakan untuk berbelanja di Family Mart, LAWSON, 7Eleven, SEIYU dan semua toko yang menerima pembayaran elektronik dengan logo JCB. Bedanya kartu kredit dengan LINE Pay; kalau kartu kredit tagihan pembelian akan tertarik melalui akun rekening bank pemilik, sementara LINE Pay akan langsung mengurangi isi saldo. Jadi pastikan saldo LINE pay cukup sebelum membeli sesuatu. Lalu bagaimana cara mengaktifkan LINE Pay. 1. Masuk ke aplikasi LINE Chatting 2. Tekan ..... Lalu masuk/tekan menu LINE Pay  3. Jika anda sudah memiliki akun LINE pay,  Maka akan muncul sisa saldo uang elektronik anda. Namun  jika anda belum memiliki akun LINE pay, anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Caranya tekan add Money, lalu pilih LAWSON Deposit 4. Setelah anda masuk ke LAWSON deposit, Klik link "Apply for a LINE deposit". S